Selasa, 09 Juni 2020

Biografi Cristian Gonzales, Pemain Naturalisasi PSSI Yang Mendadak Masuk Islam

Naturalisasi.com - Nama Cristian Gonzales yang akrab ditelinga orang Indonesia, Nama pesepakbola nasional, Musatafa Habibi Gonzales atau lebih dikenal dengan nama Cristian Gonzales, semakin cemerlang. Menuju leg pertama semifinal Piala AFF melawan Filipina.

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales memeluk Islam pada 9 Oktober 2003, atas kemauannya sendiri. Prosesi tersebut disaksikan oleh Ustadz Mustafa di Masjid Agung Al Akbar, Surabaya. Dia juga mendapat nama Islam. Mustafa Habibi.

Nama Mustafa sebenarnya didapat dari guru spiritualnya yaitu Ustadz Mustafa.
Sementara Habibi didapat dari cinta istrinya, Eva Nurida Siregar.

Kemudian keislamannya setelah di Kediri saat membela Persik Kediri, dengan surat keterangan pindah agama Islam dari Kantor Urusan Agama. Di kota ini juga, pernikahan antara Gonzales dan Eva Nurida Siregar sah secara hukum Islam.

Ustadz Mustafa di Masjid Agung Al-Akbar, Surabaya, membantu proses Gonzales untuk masuk Islam. Gonzales juga memiliki guru spiritual lainnya, yaitu Hj Fatimah dari Mojosari, Mojokerto; dan Hj Nurhasanah, pemimpin panel zikir An Nur di Gresik.

Pengasuh Pondok Pesantren An Nur di Kebomas, Kabupaten Gresik, Nyai Nurhasanah, menyatakan bahwa ia meyakinkan Gonzales tentang mukjizat dari Allah. Nyai Nurhasanah merupakan salah satu guru spritual Cristian Gonzales.

Biografi Cristian Gonzales, Pemain Naturailsasi PSSI Yang Mendadak Masuk Islam
Critian Gonzales dihadang pemain Nigeria

Nur (Nurhasanah), yang biasa dipanggil Bunda, selalu mendorong Gonzales dengan saran untuk selalu berdoa. Ibu juga menyarankan Gonzales untuk bersyukur jika dia mencetak gol melawan lawan.

Menurut Ibu, kondisi Gonzalez juga tidak stabil, terutama ketika karirnya diwarnai dengan pernak-pernik. Pada tahun 2004, Gonzales memiliki masalah dengan Abu Shaleh, Manajemen Regional Asosiasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Banten ketika PSM Makassar menjadi tuan rumah Persikota Tangerang.

Pada 2006, Gonzales memiliki masalah dengan Emanuel de Porras, striker PSIS Semarang. Gonzales juga berurusan dengan wasit Rahmat Hidayat melawan Pelita Jaya, Jawa Barat, pada 2007.

Sementara itu, pada 2008, Gonzales berurusan dengan Erwinsyah Hasibuan, seorang bek dari PSMS Medan. Kondisi Gonzalez menjadi lebih tidak stabil ketika Komisi Disiplin PSSI memberikan sanksi dilarang bermain selama satu tahun karena memukul bek PSMS. Saat itu, kata Ibu, kondisi ekonomi keluarganya juga semakin buruk.

Ibu mengingatkan Gonzales untuk tidak pernah putus asa. Dia pantas sekali menjadi seorang bintang timnas "Merah Putih".

Gonzales sering berdzikir dan selalu minum air yang telah dibacakan doa. Ibu mendoakan dengan kalimat zikir agar Gonzales selalu ingat Allah.

Gonzales juga kemudian berhasil memenangkan posisi pencetak gol terbanyak di musim Superliga Indonesia 2009 dengan klub Persib Bandung dengan mencetak 14 gol.

Menurut Ibunya, Gonzales sering mengaji dan sembahyang di Musholla An Nur di Kebomas, Gresik.

Dimasukkannya nama pemain tim nasional Indonesia dalam topik trending Twitter adalah fenomena baru. Dan, ini sudah terjadi sejak babak penyisihan AFF 2010 dimulai beberapa minggu lalu.

Di hampir setiap pertandingan, nama pemain Indonesia yang menyumbang gol selalu dimasukkan dalam topik tren atau daftar pembicaraan terpanas.

Ada sisi menarik dalam kehidupan seorang pria berusia 34 tahun dengan nama Kristen Kristen Gerard Alfaro Gonzales.

Terutama dalam hal latihan spiritual. Dari penuturan istrinya, Eva Nurida Siregar seorang wanita Batak yang lahir di Pekanbaru yang kini tinggal dan besar di Surabaya -

Si gila "El Lco" sangat rajin tahajud di tengah malam. Dua gol yang membawa kejayaan tim nasional Indonesia di semi final, adalah berkat dari permintaan Gonzales kepada Tuhan melalui doa tengah malam.

Itulah sebabnya, "El Loco" putra dari pasangan Eduardo Alfaro Gonzales dan Meriam Gonzales marah ketika ada pemain sepak bola yang membawanya keluar pada jam-jam awal malam ke klub, karena baginya doa tengah malam lebih afdhol.

Cristian Gonzales sangat rajin melakukan dzikir, terutama dzikir asmaul husna setelah shalat tengah malam. Tidak heran striker Persib Bandung memilih nomor punggung nomor 99, untuk menunjukkan kepada publik bahwa "El Loco" adalah perwujudan nama Allah dalam 99 asmaul husna.

Cristian Gonzales juga salah satu dari banyak pemain naturalisasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonseia (PSSI) yang sukses memperkuat timnas Indonesia berturut-turut.

Skill pemain naturalisasi PSSI ini sangat bagus dan jarang sekali mengecewakan suporter fanatik Indonesia maka dari itu selalu menjadi starter setiap laga dan juga pemain inti.

Biografi Cristian Gonzales

Kelahiran Gonzales: August 30, 1976 Uruguay
Tinggi badan: 176 cm
Istri : Eva Nurida Siregar
Tim : PSS Sleman
Anak : Michael Gonzáles, Amanda Gonzáles, Fernando Gonzáles, Vanessa Gonzáles
Negara : Indonesian, Uruguayan

Artikel Terkait