Jumat, 17 Januari 2020

Kawah Wurung Bondowoso, Wisata Alam Liar Yang Eksotis

Kawah Wurung Bondowoso, Wisata Alam Liar Yang Eksotis - Wisata Kawah wurung Bondowoso adalah wisata alam liar yang memiliki hamparan tanah yang sangat luas ditumbuhi rumput padang savana.

Potensi wisata baru yang berada di kota tape ini sangat menguntungkan menambah pemasukan sektor pariwisata.

Kabar buruk bagi Kabupaten yang mendapat julukan Bondowoso republik kopi setelah di kunjungi artis Afgan. Di instagram, Afgan menulis lagi berwisata ke Kawah Wurung Banyuwangi.

Wisata Kawah Wurung Bondowoso
Kawah Wurung Bondowoso

Karena cuitan di Instagram, Afgan di serang Netijen Bondowoso yang tak terima kalau wilayah Kawah wurung masuk kawasan Banyuwangi. Dari segi geografis dan jarak sangat jauh dengan perbatasan Kabupaten Banyuwangi.

Berbeda dengan artis Sarah Quen yang menyebut Kawah wurung Italinya Bondowoso. Yang datang lebih dulu tahun 2018 dan Afgan tahun 2019.

Jika kamu mencari informasi terkait kawah wurung, tak salah buka situs ini. Dalam artikel di dari pengalaman naturalisasi.com berkunjung ke wisata kawah ijen.

Kawah Wurung, Surga Tersembunyi di Bondowoso

Setelah mendaki Kawah Ijen, sebaiknya kamu langsung menuju destinasi baru milik Kab. Bondowoso ini. Jaraknya cukup dekat butuh 30 menit dari kawah ijen ke kawah wurung, walaupun jarak dekat kawah ini hanyalah padang savana dengan rumput indah.

Destinasi ini baru saja viral di tahun 2013 melalui sosial media dimana netijen mengupload ke berandanya dan mendapat komentar baik. Dari sinilah mulai terkenal sampai ke luar provinsi hingga luar pulau.

Kawah ini merupakan kawah yang cukup eksotis mengundang banyak wisata, karena tempat yang indah lumayan untuk tempat merenung sambil melihat perbukitan di iringi suara angin sepoi-sepoi.

Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat bunga rumput ilalang yang cantik bagus untuk spot foto. Kabarnya tempat ini dipakai untuk foto prewedding dengan backgrond perbukitan dan bunga rumput.

Pemandangan Kawah Wurung
Pemandangan Kawah Wurung

Tiket Masuk Kawah Wurung

Jangan disamakan dengan wisata lainnya ya, tiket masuk kawah wurung cukup murah, kamu cukup membayar tiket Rp 3000 saja sudah dapat menikmati seharian.

Kamu juga bisa bermalam disana dengan mendirikan tenda alias camping tapi harap jaga kebersihan disekitar area wisata. Tempat camping jauh dari rumah penduduk tapi dekat dengan pos petugas yang menjaganya.

Jalur menuju Kawah Wurung

Akses menuju kawah ini tak se ekstrim Kawah Ijen, hampir sama dengan Bromo tanjakan pakai tangga beton dengan ketinggian 50 meter dari parkiran.

Untuk menuju tempat wisata ada 2 jalur dari Banyuwangi melewati Paltuding dan lewat Bondowoso sebelum Kawah Ijen karena jalurnya sama, namun berbeda ketika sampai di Desa Jampit. Jika dari Bondowoso, lihat penunjuk jalan belok kanan menuju desa Jampit.

Jika naik kendaraan umum, kamu bisa naik dari terminal Bondowoso menggunakan angkot (Bus Mini) menuju Sempol Ijen. Kamu duduk tenang, tinggal bilang akan turun mana ke kernet angkot.

Lebih nyaman lagi kamu menggunkan jasa travel atau mengajak teman yang pengalaman agar tidak buang-buang waktu liburan kamu.

Letak Kawah Wurung berada di Desa Jampit Kecamatan Sempol Kab. Bondowoso, jadi secara administratif jelas kawasan ini bukan milik Kab. Banyuwangi.

Pengembala Sapi dan Kambing di tengah Kawah
Gembala Sapi dan Kambing di tengah Kawah

Penginapan Dekat Kawah Wurung

Bagi kamu yang berasal dari luar kota, jangan khawatir dengan penginapan. Disekitar wisata banyak sekali penginapan murah dari Rp 50.000 hingga Rp 250.000 per malam. Ada penginapan berupa hotel, guesthouse, villa, losmen, dan perumahan rakyat.

Di penginapan kamu juga akan disuguhi kopi khas Bondowoso arabika dan robusta, kamu bisa memilihnya sesuai selera.

Tips Menuju Kawah Wurung

Agar tidak kecewa ketika datang, alangkah baiknya kamu baca tips ini :

  1. Bawa Kamera, Ingat kita ini berwisata, jadaikamera sangat penting sebagi bukti kamu pernah kesana dan pamer di Sosial Media.
  2. Minuman dan Camilan, ditengah perjalan jarang sekali warung atau tempat jualan makanan ringan jadi sedia bekal dari awal.
  3. Jaket, Jalur menuju kawah wurung cukup dingin namun sesampai di wisata sangat sejuk jadi tak salah bawa jaket.
  4. Alas kaki, pakai alas kaki yang kuat minimal sandal slop karena medan tanah yang tak rata.
  5. Kendaraan, cek jika membawa sendiri, pastikan kendaraan yang kamu pakai kuat menanjak dan rem pakem.
  6. Plastik, jangan buang sampah sembarangan, jadi bawa plastik untuk mengumpulkan sampah dan buang ke tempat sampah.
  7. Waktu, pilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat wisata, waktu yang tepat untuk berwisata ke kawah ijen pada awal musim hujan karena rumput mulai banyak dan berbunga, dan di musim kemarau rumput tidak berbunga.

Kawah wurung ini sangat cantik dan penuh dengan fenomena alam yang luar biasa. Alamnya masih liar belum ada vandalisme dan sampah bertebaran maka dari itu kawasan wisata ini sejuk.

Informasi tambahan, saat ini sekitar kawah wurung akan proses pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG). Banyak truk trailer angkut alat berat lewat dari arah Bondowoso, jadi berhati-hatilah.

Artikel Terkait