Naturalisasi

Naturalisasi

Naturalisasi
Naturalisasi.com menyajikan berita terkini Indonesia, olahraga, pengetahuan, lowongan dan lifestyle. Website Naturalisasi akan membawa perubahan melalui media online yang penuh inspiratif, inovatif, dan kreatif.

Pengertian Istilah Naturalisasi
Naturalisasi.com

Apa Itu Naturalisasi?

Pengertian Naturalisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah proses perubahan status penduduk dari suatu negara asing ke negara lain. Dalam hal ini tak semua orang dengan mudah pindah status kewarganegaraan karena harus memenuhi syarat-syarat wajib yang harus dipenuhi.

Kita sering mendengar kata Naturalisasi pada saat mengikuti berita Timnas sepak bola Indonesia, yang ditunggu adalah pemain baru apalagi Naturalisasi.

Banyak pemain Naturalisasi terutama diposisi penyerang (Striker). Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berharap pemain Naturalisasi memiliki skill yang lebih baik dari pemain yang bukan Naturalisasi.

Pasti kalian penasaran cara memperoleh pengakuan Naturalisasi dari negara Indonesia, kan?

Naturalisasi adalah

Cara memperoleh Naturalisasi di Negara Kemerdekaan Republik Indonesia (NKRI) lumayan susah dibandingkan negara lain.

Cara Menjadi Warga Negara Indonesia

Persyaratan naturalisasi menurut UU No.12 Th. 2006
  1. Pada saat mengajukan permohonan, pemohon berada di wilayah NKRI minimal 5 (lima) tahun berturut-turut atau 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut
  2. Pemohon berumur 18 (delapan belas) tahun atau sudah menikah
  3. Pemohon dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar 
  4. Pemohon mengakui Dasar Negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.dan hafal
  5. Pemohon Sehat secara jasmani dan rohani
  6. Pemohon Tidak pernah melakukan kriminal dan ditahan minimal 1 tahun
  7. Pemohon tidak boleh menjadi kewarganegaraan ganda
  8. Pemohon wajib memiliki pekerjaan dan/atau berpenghasilan tetap
  9. Pemohon membayar uang pewarganegaraan ke kas negara

Dengan kemajuan teknologi dan keilmuan, istilah Naturalisasi semakin melebar pemakaiannya seperti halnya naturalisasi sungai. Yang dimaksud Naturalisasi sungai ini membiarkan aliran sungai sesuai dengan aslinya.

Apa itu Naturalisasi?

Manfaat Naturalisasi

Bermacam manfaat suatu negara menaturalisasikan warga asing, misal dalam olah raga sepak bola, pemain naturalisasi memiliki fisik besar, tinggi, skill bermain bagus, dan sanggup memberikan arahan kepada rekannya.

Ada manfaat lain yang tak seperti olahraga dilihat dari segi fisik, misal penyanyi dengan suara bagus yang akan membawa negaranya ke ajang tingkat dunia, pengusaha agar negaranya dapat mengelola bisnis dan lain sebagainya.

Sejarah Naturalisasi

Beberapa orang mendapat Naturalisasi istimewa menjadi warga negara Indonesia karena telah berjasa, dalam hal ini negara Indonesia yang mengharapkan orang tersebut menjadi penduduk NKRI tanpa syarat pada umumnya namun ia tetap berjanji dan bersumpah setia kepada NKRI.

Dengan sedikit ulasan ini, kita dapat memahami arti dari istilah naturalisasi. Semoga artikel ini dapat membantu bagi kalian yang selalu bertanya-tanya apa sih naturalisasi. dan apa manfaat dari naturalisasi.

Manfaat Naturalisasi


Apa yang dimaksud naturalisasi?


Tujuan Naturalisasi