Wisata Kawah Ijen Pesona Alam Yang Unik dan Menakjubkan

Wisata Kawah Ijen Pesona Alam Yang Unik dan Menakjubkan

Naturalisasi
Wisata Kawah Ijen Pesona Alam Yang Unik dan Menakjubkan - Kawah Ijen dimana? Kawah terbesar di dunia ini terletak di Kabupaten Bondowoso, berbatasan dengan kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Wisata ini cocok bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualangan dan berandrenalin tinggi.

Wisata Kawah Ijen
Danau Kawah Ijen dan Tambang Belerang

Setiap hari wisatawan backpacker menuju puncak kawah ijen terutama dari luar provinsi dan luar negeri. Ramainya wisatawan menuju danau kawah ijen tidak tanpa alasan, mereka ingin melihat keunikan alam yang hanya ada di 2 negara, apa itu? akan dibahas dibawah ini.

Kawah Ijen

Jika mendengar kata kawah ijen pasti kamu akan membayangkan danau dan bluefire yang keluar dari tebing pegunungan. Ya benar, tapi tak hanya itu yang dapat kamu lihat, masih banyak fenomena alam yang akan kamu rasakan pastinya kamu akan heran.

Letak kawah ijen masih menjadi berdebatan, apakah masuk kawasan Kabupaten Bondowoso atau Kabupaten Banyuwangi. Disini para kita sebagai wisatwan tak menjadi masalah yang terpenting sebagai manusia kita wajib merawatnya dan melestarikan yang ada disekitarnya.

Pesona Keindahan Alam Kawah Ijen

Pesona alam liar yag terdapat di gunung ijen menjadi keindahan tersendiri. Kawah ijen berada di ketinggian 2500 diatas permukaan laut (dpl) dengan suhu antara 2 derajat celcius hingga 10 derajat celcius.

Terkadang suhu naik menjadi 30 derajat celcius itu dikarenakan awan panas yang berhembus dari tebing danau ijen dan bau zat fosfor yang menyengat. Tak semua orang dapat menuju ke tempat ini, sebelum berangkat banyak baca tips menuju kawah ijen atau tips dari mereka yang pengalaman datang.

Ada 5 fenomena alam yang dapat kamu lihat ketika menuju puncak ijen, apa saja :

Pemandangan alam yang luas
Disepanjang perjalanan yang menanjak kamu akan di suguhi pemandangan alam yang luas, dipagi hari akan terlihat matahari terbit. Selain itu juga akan terdengar nyanyian burung saling bersautan seakan mereka lagi ngobrol.

Perbukitan dan pegunungan
Wisatawan akan di sajikan bentuk perbukitan dan pegunungan anatara lain gunung Rante, Gunung Raung, Gunung Suket, dan bukit Teletubbies.

Jalan yang licin dan berbatu
Keseruan mendaki gunung ijen nampak sejak mulai parkir kendaraan, wisatawan diwajibkan jalan kaki sejauh 3 KM estimasi waktu sekitar 3 jam dengan tanjakan 30 derajat. Sesampainya di pucuk gunung ijen, kamu boleh turun ke danau ijen dengan kedalaman 1 km estimasi waktu 1 jam jalan berbatu dan sempit.

Perjalanan menuju kawah ijen
Jalur puncak kawah ijen

Tambang belerang
Selama perjalanan dari parkiran kamu akan melihat orang memikul bongkahan belerang dengan berat total 70 kg - 90 kg, Gak kebayang bawa barat seberat itu setiap hari.

Dimana tempat tambang belerang? Para petani menambang di tebing danau ijen, kamu juga dapat membantu petani memecahkan batu belerang lho. Gak percaya? datang saja ke tempat penambangan belerang.

Danau Ijen
Inilah yang menjadi incaran para backpacker dan bule, yaitu danau kawah ijen. Disekitar penambangan belerang terdapat danau dengan luas 5.400 hektar kedalaman 200 meter. Danau kawah ijen memiliki asam yang kuat di dunia maka dari itu kawah ijen go to internasional.

Bluefire
Selain memiliki fenomena danau di puncak gunung, Gunung ijen juga memiliki fenomena bluefire (api biru) yang keluar dari tebing kawah sekaligus mengeluarkan zat fosfor membentuk belerang.

Waktu yang Tepat Berwisata ke Kawah Ijen

Jika kamu hanya sekedar melihat danau kawah ijen dari atas, bisa berangkat pagi sekitar jam 05.00 hingga jam 08.00 wib. Jika terlalu siang biasanya kabut asap mulai menumpuk dan bau belerang menyebar.

Jika kamu ingin melihat danau, bluefire, dan tambang belerang lebih baik berangkat jam 00.00 atau tengah malam karena di jam tersebut sampai pagi hari sebelum matahari terbit bluefire nampak besar.

Bluefire akan nampak besar seperti kebakaran pada musim kemarau pada bulan Juli sampai Nopember dan jam dini hari. Di musim hujan, api biru ini nampak kecil.

Tambang Belerang Kawah Ijen
Tambang Belerang Kawah Ijen

Rute Menuju Kawah Ijen Lewat Bondowoso

Sebenarnya Jalan menuju ke paltuding kawah ijen ada 2 jalur yaitu dari Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Lewat kedua jalur tersebut ada kelebihan dan kekurangannya tapi nikmati saja karena ini liburan kamu, semakin banyak hal yanganeh semakin asyik.

Alur wisata dari Bondowoso ke Kawah ijen titik dari alun-alun estimasi butuh waktu 90 menit.
Alun-alun ===> Wonosari ===> Sukosari ===> Blawan ===> Paltuding / Parkiran

dari alun-alun Bondowoso kamu menuju ke pasar wonosari. Timur pasar wonosari akan ada penunujuk jalan belok kanan menuju Sukosari atau kawah ijen, ikuti penunjuk arah langsung menuju pasar Sukosari.

Kemudian dari pasar Sukosari menuju arah Blawan, dijalur ini mulai cukup ekstrim jalan menanjak, sepi, dan licin. Nyantai saja walaupun sepi jalur ini aman. Sesampainya di Blawan, disini kamu bisa mampir ke wisata-wisata jika tidak terburu-buru menuju tujuan.

Dari Desa Blawan Kecamatan Ijen menuju paltuding butuh waktu 30 menit dengan jalur luar biasa tapi banyak tebing dan pohon-pohon tinggi.

Lebih nyaman lagi naik kendaraan umum (angkot), dari terminal Bondowoso naik bus mini menuju langsung paltuding ijen.

Tiket Masuk Kawah Ijen

Tiket masuk wisata alam tak ada yang mahal, justru murah dan bagus untuk kesehatan. Berapa tiket masuknya?

Wisatawan Dalam Negeri (lokal)
Hari biasa Rp 5000/orang
Hari libur Rp 7500/orang

Wisatawan Luar negeri (Turis)
Hari biasa Rp 100.000
Hari libur Rp 150.000

Parkir
Motor Rp 2000
Mobil Rp 10.000

Peralatan
Mendirikan tenda Rp 15.000
Penginapan perhutani Rp 150.000/malam

Penginapan Dekat Kawah Ijen

Kamu bisa memilih penginapan dekat dengan kawah ijen berupa hote, villa, losmen, guesthouse, dan perumahan rakyat. Semua penginapan memiliki pemandangan dan pelayanan khas tersendiri, pilihlah yang menurut kamu indah dan nyaman.

Biaya penginapan per malamnya dibandrol dari Rp 50.000 hingga Rp 250.000, kamu juga dapat menikmati kopi arabika dan robusta khas Bondowoso. Harga penginapan cukup murah untuk menghilangkan pengat seharian di perjalanan dan berwisata.

Tips Mendaki Kawah Ijen

Karena demografi dan topologi tak seperti pegunungan lainnya, kamu harus membaca tips ini dan memahaminya supaya liburan kamu menyenangkan.

Badan sehat
Jalan yang menanjak sudah pasti khusus mereka yang sehat, dan perlu anda ketahui kawah ijen sering mengeluarkan asap belerang yang membuat sebagian orang sesak nafas dan ini cukup berbahaya. Banyak kejadian meninggal karena sesak nafas di puncak gunung ijen.

Jaket
Jika kamu mulai muncak di pagi hari, tak masalah tidak membawa jaket karena suhu normal namun jika kamu muncak di siang hari dan malam hari di wajibkan memakai jaket karena suhu mulai dingin apalagi kamu akan menginap di sekitar kawah ijen.

Respirator
Alat ini berfungsi sebagai menyaring udara yang akan masuk ke pernafasan penggunanya. Asap belerang yang menyengat dan beracun dapat disaring menggunakan alat ini. Jika kamu tak memiliki alat ini, kamu bisa menyewanya dia atas puncak ijen dengan nominal Rp 15.000 - Rp 20.000.

Ada cara lain untuk meminimalisir bau menyengat yakni dengan kain basah lalu tutup ke seluruh wajah terutama hidung. Kain harus basah, jika kering akan terasa baunya.

Air minum atau camilan
Dalam perjalanan menuju puncak tak ada orang berjualan, hanya ada satu warung, itu pun jauh. Jangan buang sampah selama perjalanan, bawa turun sampah yang kamu bawa dan buang ke tempatnya.

Gaet
Jika kamu belum pernah menuju ke kawah ijen, bisa sewa gaet karena lebih tau rutenya apalagi disekitar kawah ada banyak destinasi wisata menarik seperti kawah wurung, air terjun, pemandian air panas, dan niagara mini.

Tim
Berwisatalah dengan rekan dan saudara kamu, berwisata sendiri tidak enak tidak dapat menikmati. Jangan mengajak mereka yang sedang sakit apalagi memiliki riwayat sesak nafas, paru-paru, dan jantung.

Kamera
Bawa kamera terbaik milik kamu, pengalaman pergi ke kawah ijen tak akan dapat sertifikat atau ijasah maka dari itu foto dan video hasil rekaman kamu menjadi bukti kamu benar-benar pernah kesana.

Itulah pengalaman naturalisasi.com berwisata ke kawah ijen lewat Bondowoso, cukup menyenangkan dan sungguh menakjubkan dapat melihat danau terbesar dan Bluefire yang hanya ada di 2 negara.