5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan (Daun Hijau dan Daun Merah)

5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan (Daun Hijau dan Daun Merah)

Naturalisasi
Manfaat Daun Sirih - Apakah kamu tahu manfaat daun sirih? Dulu kita sering melihat tanaman ini dipekarangan itu karena orang dulu senang budidaya sirih. Namun, sekarang susah ditemukan tanaman kaya manfaat ini baik berdaun merah dan hijau.

Saat ini, kita sudah terbiasa dengan nama daun sirih atau bahasa Latin, Piper betle L, misalnya di Indonesia sudah populer dan merupakan tanaman asli dari Indonesia, disini saya akan memberi tahu apa manfaat yang terkandung dalam daun sirih.

Daun sirih memiliki beberapa jenis, diantaranya: cengkeh sirih, sirih Belanda, sirih Jawa, sirih kuning, dan juga sirih hitam. Dari berbagai daun sirih, tentu ada juga kandungan daun sirih, antara lain minyak atsiri, kavicol, Pati, estragol, fenil Propane, tannin, dan lain-lain.

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirih

Pada masa lampau, masyarakat Indonesia sudah menggunakan nama daun sirih, tetapi dalam hal penggunaan yang berbeda di setiap daerah, seperti  "Nginang ".

Cara Penggunaan Daun Sirih


Mimisan

Ambil daun sirih, kemudian mencuci secara menyeluruh setelah membuat gulungan kecil, yang cukup untuk lubang hidung Anda, kemudian masukkan daun sirih ke hidung Anda.

Obat Diare

Anda mengambil 5 sampai 7 buah daun sirih yang telah dicuci, bersama dengan 6 biji lada dan satu sendok minyak kelapa, kemudian tumbuh bahan sampai halus, ketika Anda menyelesaikan tabrakan ke perut.

Obat Batuk

Ambil 5 daun sirih, 11 biji berdaun, 11 cengkeh dan 11 biji kapulaga, serta kayu manis seukuran jari, mencuci semua bahan sebelum menggunakannya, dan kemudian merebus semua bahan menjadi 2 cangkir air, menunggu air dibiarkan setengah, menyaring air dan siap diminum selama 3 kali sehari.

Obat Keputihan

Keputihan, yaitu penyakit yang diderita oleh perempuan, tetapi Tuhan itu semua, ada penyakit yang ada juga obat, yaitu daun sirih. Bagaimana cara merebus daun sirih secukupnya sebelum mencucinya, kemudian setelah selesai direbus menggunakan air ke cebok.

Obat Bau Mulut

Bau Mulut disebabkan oleh bakteri mulut/kerusakan gigi, bagaimana mengatasinya adalah kunah beberapa menit kemudian membuang atau muntah daun sirih, melakukan hal ini perbuatan dua sampai tiga kali sehari.

Cara kedua adalah untuk berkumur, air mendidih dan masukin daun sirih yang telah dicuci dan berikan 2 gelas air yang kemudian rebus, dinginkan, dan saring setelah disaring menggunakan saringan air untuk berkumur setiap sore dan pagi.

Berikut adalah beberapa informasi tentang manfaat daun sirih untuk kesehatan Anda, semoga bermanfaat bagi Anda.