Cara Membuat Kopi Vietnam ala Starbuck

Cara Membuat Kopi Vietnam ala Starbuck

Naturalisasi
Cara Membuat Kopi Vietnam - Secara umum kopi Vietnam atau cà phê sữa nóng disukai karena rasanya yang menarik. Kuat tetapi dapat dikombinasikan dengan susu kental manis yang resmi. Selain itu kopi ini juga pas buat teman nongkrong.

Bagi Anda yang tertarik membuatnya sendiri di rumah, cara membuat kopi Vietnam cukup mudah. Cukup ikuti 8 langkah, kopi favorit Anda dapat dinikmati tanpa perlu kursus meracik kopi Vietnam seperti barista.

Cara Membuat Kopi Vietnam

Di negara asalnya, Vietnam, masyarakat setempat menyukai proses pembuatan kopi yang lambat. Menurut Sahra Nguyen, seorang pengusaha kafe di Vietnam, pengalaman pembuatan kopi yang lambat membuat kita memiliki waktu luang untuk bersantai atau menikmati momen itu.

Bahan:

  • 3 sendok makan bubuk kopi Robusta (Panggang gelap dan bubuk sedang). Jika Anda menginginkan cita rasa autentik, gunakan bubuk kopi Robusta dari Vietnam yang dapat Anda beli di toko online.
  • 1-2 sendok makan susu kental manis.
  • 235 ml air panas dengan suhu tidak mendekati titik didih.


Alat:

  • Vietnam dripper atau 6 ons phin (ukuran phin dapat disesuaikan dengan kebutuhan minum kopi Anda).
  • Bersihkan cangkir (jika Anda ingin melihat proses pembuatan kopi).


Cara Membuat Kopi Vietnam
Proses pembuatan 3 cangkir kopi Vietnam

Cara menyeduh kopi Vietnam


  1. Tuang 3 sendok makan bubuk kopi secara merata dalam saringan.
  2. Tuang 1 atau 2 sendok makan susu kental manis dalam cangkir kopi secukupnya.
  3. Tempatkan saringan yang telah diisi dengan kopi di atas cangkir.
  4. Tuang dua sendok makan air panas ke dalam saringan dan tunggu selama 30 detik hingga kopi mekar. Mekar adalah bagian dari proses melepaskan karbon dioksida ketika kopi bertemu air panas. Proses ini diyakini bisa menghilangkan rasa tidak enak pada kopi.
  5. Tempatkan pemberat di atas kopi untuk mesin kopi. Ini membantu memperlambat laju kopi yang menetes setelah Anda menuangkan semua air panas.
  6. Tuang sisa air panas ke dalam saringan perlahan.
  7. Tunggu sampai kopi mulai menetes ke gelas. Pembuatan kopi dengan phin biasanya memakan waktu sekitar 4 hingga 5 menit. Gunakan cangkir yang bening sehingga Anda bisa memantau proses pembuatannya. Jika tetesannya terlalu cepat, Anda memutar pemberat searah jarum jam sambil menekan sedikit. Tetapi jika tetesan terlalu lambat, ini bisa jadi karena penggiling kopi Anda terlalu halus atau pengaturan pers terlalu ketat.
  8. Setelah semua kopi menetes, Anda dapat menghapus phin dari cangkir. Lalu aduk kopi dan susu sampai rata.


Kopi panas Vietnam yang baru diseduh mengandung sedikit hazelnut. Saat dicicipi, rasanya sangat menarik, cukup kuat karena dipadukan dengan rasa manis susu.

Kopi ini cocok untuk penikmat kopi yang menginginkan kopi berkafein tinggi tetapi tidak terlalu menyukai rasa yang kuat dari biji kopi.

Jika Anda ingin menyajikannya sebagai kopi Vietnam es atau cà phê sua dá, tuangkan saja kopi yang telah diseduh ke dalam gelas yang penuh dengan es. Kemudian kopi yang menyegarkan siap untuk dihirup. Sangat mudah bukan untuk diseduh?